Workflow Pengoperasian Drone

Workflow pengoperasian drone terdiri dari 3 tahap yakni Planning, Execution dan Finishing.

Planning

Tahap Planning dalam pengoperasian drone sendiri terdiri dari beberapa tahap yakni Desired Outcome & Area/ Object of Interest, Risk Management serta Project Plan & Flight Plan.

Desired Outcome, berfokus pada tujuan apa drone di terbangkan. Terdapat beberapa tujuan dalam menerbangkan drone. Namun secara umum, drone dioperasikan untuk mendapatkan pandangan udara dari tanah dan mengambil gambar atau video dari perspektif itu. Tujuan tersebut dibuat secara jelas dan kuantitatif, misalnya:


Dokumentasi, untuk berbagai kebutuhan. Kini sudah banyak sajian dokumentasi dengan menggunakan drone. Mulai dari kebutuhan personal hingga komersil. Yang paling umum ditemukan ialah video dan foto dari drone berupa pemandangn alam, dokumentasi pernikahan, kebutuhan liputan berita dll.

Pemetaan, sudah bukan hal yang baru jika kini drone digunakan untuk pemetaan. Berbagai sektor industri sudah menggunakan drone untuk pemetaan kebanyakan untuk tujuan konstruksi. Banyak pihak memanfaatkan drone untuk pemetaan karena cara kerjanya yang praktis dan dapat melakukan pemetaan lahan yang luas dalam 1x pengoperasian sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Inspeksi, di sektor industri adopsi teknologi sangat diseleksi dan diperhitungkan. Namun drone sudah masuk ke industri seperti minyak & gas, energi dan telekomunikasi untuk melakukan pekerjaan penting seperti inspeksi.

Pemodelan 3D, hasil dari penangkapan drone dapat membuat pemodelan 3D. Biasanya dilakukan untuk situs-situs pariwisata hingga untuk kebutuhan konstruksi seperti pemodelan jembatan, bendungan dll.

Menyiram perkebunan atau pertanian. Kini Indonesia sudah memasuki pertanian modern, dimana para petani dapat meringkas cara pembibitan dan penyiraman menggunakan drone. Petani kini dapat mempersingkat waktu dan tenaga dengan tidak menyusuri lahan persawahan untuk pembibitan dan penyiraman karena drone sudah dioperasikan untuk melakukannya.

Selain tujuan yang disebutkan di atas, kita juga harus menentukan waktu durasi/deadline dalam setiap tujuan tersebut. Setiap drone

Area/ Object of Interest

merupakan suatu daerah/luasan yang menjadi fokus utama operasi drone. Object of Interest merupakan objek yang menjadi fokus utama operasi drone.

Tahap selanjutnya di planning, execution dan finishing dapat dipelajari dengan cara mengikuti pelatihan drone. Terra Academy membuka pelatihan pengoperasian drone setiap bulannya yang bisa Anda ikuti untuk mempelajari secara lengkap baik teori maupun praktik tentang pengoperasian drone.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *