Tugas Co Pilot Drone

Saat ini terdapat berbagai jenis drone di pasaran. Mulai dari drone mini hingga drone besar untuk kebutuhan industri. Pengoperasian drone mulai dari bentuk, berat dan tujuan ternyata berbeda. Drone mini bisa dioperasikan hanya satu orang, dimana kebanyakannya hanya untuk kebutuhan foto dan video saja, sedangkan beberapa drone dengan ukuran besar dan tujuan yang lebih besar seperti untuk industri, membutuhkan pengoperasian lebih dari satu orang. Pengoperasian drone utamanya tentu dilakukan oleh pilot drone, namun dibutuhkan juga pendampingnya yakni co-pilot drone. Sama seperti pilot, co pilot juga memiliki tugas yang tak kalah penting, antara lain:

  1. Melakukan pemasangan premark sebelum kegiatan akuisisi data drone berlangsung. Premark merupakan titik kontrol foto udara yang diletakan di tanah.
  2. Melakukan assembly drone sebelum kegiatan akuisisi data drone berlangsung. Assembly meliputi pemasangan rangka drone menjadi drone utuh, kalibrasi kompas agar drone tidak terbang di luar misi.
  3. Memberikan bantuan apabila Pilot mengalami kondisi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan kegiatan akuisisi data drone.
  4. Melakukan kontrol kualitas kesiapan drone sebelum kegiatan akuisisi data dengan memastikan kondisi drone sesuai dengan checklist pre-flight, in-flight dan post flight.

Bagi Anda yang ingin menjadi pilot drone, berlatih terlebih dahulu menjadi co pilot adalah saran terbaik. Dengan menjadi co pilot drone terlebih dulu, Anda bisa sekaligus melihat langsung dan mempelajari bagaimana penggunaan drone dengan baik dan benar.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *