Pilot Drone Profesional Harus Tahu Fungsi & Tugas DKPPU!

DKPPU atau Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara kali ini telah meresmikan gedung baru yang nantinya dijadikan sebagai kantor pusatnya. Sejak terbentuknya instansi ini, segala bentuk layanan yang berkaitan dengan pesawat udara bisa disampaikan pada instansi ini.

Selain itu, dengan adanya instansi ini tentunya memiliki berbagai tugas dan fungsinya untuk mewujudkan keselamatan yang bersangkutan dengan pesawat udara hingga drone. Buat kamu para pilot drone yang belum tahu apa tugas dan fungsinya, kamu bisa langsung simak penjelasan di bawah ini.

Tugas DKPPU

Dari terbentuknya sebuah organisasi, tentunya telah memiliki beberapa tugas yang tertuju untuk mewujudkan segala harapan untuk menciptakan kenyamanan dan keselamatan bersama. Dengan begitu, selama proses penerbangan bisa terhindar dari berbagai masalah yang ada.

Untuk itu, berikut telah kami sajikan tugas apa saja yang ada pada direktorat ini!

1.  Perumusan Kebijakan

Tugas yang pertama adalah melakukan perumusan kebijakan yang harus diterapkan oleh pemilik atau pengguna pesawat udara untuk mengikuti segala aturan yang ada. Dengan adanya aturan ini pastinya untuk mencegah terjadinya kerusuhan apabila terdapat masalah yang berkaitan dengan pesawat udara.

2.  Pelaksanaan Kebijakan

Kemudian, tugas yang ada pada direktorat ini adalah sebagai pelaksana kebijakan yang telah dirumuskan. Sebagai pelaksana awal, tentunya akan memberikan jaminan kepada masyarakat luas bahwa selama penerbangan langsung akan terbukti aman dan selamat.

3.  Penyusunan Norma, Prosedur, dan Kriteria Penerbangan

Tugas yang terakhir adalah dengan melakukan penyusunan berbagai prosedur, norma dan kriteria penerbangan seperti apa yang layak. Dengan menyusun prosedur, sebagai pelaku penerbangan harus mengikuti segala prosedur yang ada.

Kemudian, norma dan kriteria penerbangan ini juga harus terpenuhi untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan. Jadi, jika terjadi masalah saat penerbangan tidak akan melibatkan banyak pihak yang dirugikan.

Fungsi DKPPU

Setelah mengetahui beberapa tugas yang wajib dilakukan oleh instansi ini, pastinya ada juga fungsi dengan tugas yang telah diberikan. Fungsi ini bertujuan untuk menjamin berbagai faktor dan meningkatkan kesadaran masyarakat luas bahwa dengan adanya instansi ini akan lebih mudah memberikan pelayanan terkait pesawat udara.

Inilah fungsi yang nantinya akan diberikan oleh direktorat pesawat udara ini!

a.   Menjamin Penerbangan

Yang pertama adalah menjamin setiap penerbangan yang ada kualitas kenyamanan, keselamatan, keamanan dan kepastian sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Jadi, buat kamu yang masih khawatir terhadap adanya sebuah penerbangan di lingkungan sekitar, kamu tidak perlu takut lagi.

Karena, itu semua harus mendapatkan izin resmi dan juga harus memenuhi berbagai kriteria yang harus dipenuhi untuk melangsungkan proses penerbangan.

b.  Meningkatkan Kualitas Penerbangan

Kemudian,fungsi yang kedua adalah untuk meningkatkan kualitas penerbangan. Dengan peningkatan kualitas ini tentunya akan membawa dampak positif yang sangat banyak baik untuk pilot maupun penikmatnya sekalipun.

Jadi, itulah pengertian DKPPU dengan tugas yang diberikan dan fungsi yang ada dengan maksud dan tujuan untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan bagi banyak orang. Karena itu seorang pilot drone profesional juga harus menaati aturan dari DKPPU.

Apabila kamu ingin mencari tahu lebih banyak tentang pesawat udara tanpa awak atau Drone, kamu bisa bergabung dengan Terra Academy. Dimana, dalam academy itu telah terdapat begitu banyak pilot drone profesional yang bisa membantu kamu untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang dunia drone.

Tak hanya itu, di dalam academy itu juga terdapat beberapa komunitas yang bersedia membantu kamu kapanpun dan dimanapun. Sebagai pilot drone pastinya kamu harus mengikuti aturan dan perkembangan di dalamnya! Segera gabung dan ikuti berbagai pelatihan penerbangan drone.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *