Tidak Menerbangkan Drone Malam Hari Jadi Keuntungan!

drone malam hari

Menerbangkan drone memang menyenangkan karena bisa mendapat area tinggal dari udara. Selain itu persiapan terbangnya pun sangat singkat untuk dilakukan siang dan malam hari. Untuk pilot yang mau atau sering menerbangkan drone malam hari, yakin sudah aman?

Godaan untuk menerbangkan drone pada malam hari tentu ada. Tapi, perlu diingat juga bahwa drone dianggap sebagai pesawat pada umumnya, atau lebih tepatnya pesawat nirawak. Sehingga godaan tadi perlu seimbang dengan etika dan aturan, pilot perlu lebih paham memperlakukan drone terbang pada malam hari. 

Etika dan Aturan Menerbangkan Drone Malam Hari

Secara etika, malam hari jadi kegiatan masyarakat istirahat sehingga aktivitas drone bisa dianggap mengganggu dan dicurigai. Kalaupun terbang di area yang sekiranya tidak mengganggu, tetap membutuhkan izin ke orang berpihak di areanya.

Sedangkan menurut regulasi ada beberapa aturan yang perlu ditaati berdasarkan CASR 107 dan FAA. Idealnya pilot sudah  tersertifikasi untuk menerbangkan drone di malam hari sehingga terjamin keahliannya. 

Keperluan Terbang

Apa kebutuhan pilot menerbangkan drone malam hari? Apa untuk profesional atau rekreasi?

Sebaiknya pertanyaan perlu ditanyakan pada diri pilot lebih dulu. Kedua pertanyaan itu bisa menyelamatkan keahlian pilot dan keutuhan dronenya itu sendiri. 

Bahkan pilot drone profesional yang biasa terbang untuk pemetaan lebih menyukai terbang siang hari. Karena di siang hari lebih mudah drone untuk mendapat data dan mudahnya persiapan. 

Biasanya keperluan rekreasi yang membuat pilot tergoda menerbangkan drone malam hari. Misalnya mengambil landmark kota dari ketinggian atau suasana lingkungan sekitar dari udara. 

Kalaupun untuk sekedar iseng malah bisa jadi bumerang. Sayang sekali kalau pilot pemula tergoda menerbangkan drone tanpa mengetahui kondisi. Panduan do & don’t secara lengkapnya hanya bisa pilot rasakan ketika mengikuti pelatihan drone

Tantangan dan Bahaya

Selain itu terdapat perbedaan kondisi langit ketika siang dan malam hari. Gelapnya langit membuat resiko lebih besar karena keterbatasan penglihatan. Sehingga pilot perlu lebih waspada. 

Kabel listrik bisa terlihat di siang hari, namun jadi tidak terlihat saat malam hari. Kendali drone yang lalai malah bisa mengarahkan ke kabel tanpa sengaja. Meski pilot biasa menerbangkan di area pada siang hari, tapi bisa jadi tidak dikenali lagi saat menerbangkan drone malam hari. 

Kondisi yang berbeda pula membuat teknik menerbangkan jadi berbeda juga. Pilot perlu menyesuaikan kendali drone agar bisa terhindar dari rintangan tidak terlihat. 

Serta gelapnya penglihatan yang bisa didapatkan kamera drone jadi kendali lebih sulit. Layar controller mungkin cuma menampilkan hitam yang menunjukkan kondisi cahaya di kamera yang minim.

Dengan tantangan dan bahaya seperti itu bisa mempengaruhi pilot menjadi ragu. Pilot amat perlu menjadi tidak panik ketika drone mengalami gangguan di kondisi gelap. Apalagi penggunaan drone pasti akan lama dan harga drone yang selangit. 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *