Macam-Macam Pelatihan Drone yang Tersedia di Indonesia

Pelatihan drone

Demi menghasilkan video yang menarik, ada banyak device dan teknik pengambilan video yang diterapkan oleh para praktisi di luar sana. Salah satu device yang cukup sering digunakan, terutama untuk memperlihatkan keindahan panorama alam, adalah drone. Sebuah alat pengambilan video berbentuk pesawat atau helikopter yang dilengkapi dengan sebuah kamera. Alat ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil video yang diambil dari angle tinggi.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa dengan mudah mengoperasikannya, sehingga dibutuhkan keahlian khusus untuk mendukung pengambilan video menarik dengan alat tersebut. Ditambah lagi dengan harga drone yang cukup mahal, tentu perlakuannya juga harus dengan hati-hati agar bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Ada beberapa macam pelatihan Drone yang telah tersedia di Indonesia. Setiap pelatihan ini hadir dengan berbagai ilmu yang berbeda. Anda bisa memilih pelatihan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan jika ingin mencoba untuk pertama kali. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui beberapa pelatihan tersebut terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mengikuti yang mana.

  1. Pelatihan Basic atau Dasar

Jika Anda masih baru atau berniat untuk mengoperasikan drone tetapi bingung memulainya dari mana, maka pelatihan dasar ini akan cocok untuk Anda. Pelatihan dasar ini biasanya akan mencakup pengetahuan awal mengenai drone, seperti, bagaimana sejarah sampai akhirnya drone hadir, jenis-jenisnya, hingga aturan mengenai prosedur penggunaan drone di Indonesia. Mengetahui aturan atau regulasi ini juga penting agar Anda bisa mengoperasikan drone dengan nyaman dan tenang.

Walaupun terdengar sangat sederhana, namun memiliki pengetahuan dasar dari pelatihan drone adalah hal penting untuk Anda yang berniat menjadi profesional pilot untuk drone atau sekadar menjadikannya sebagai hobi. Ibarat ingin dekat dengan teman, tentu kita harus berkenalan terlebih dahulu, begitu pula dengan drone.

  1. Pelatihan Drone Aerial

Pelatihan yang satu ini biasanya ditujukan untuk orang-orang yang berniat mengembangkan skill-nya menjadi lebih baik lagi. Untuk mengikuti pelatihan ini, akan lebih baik jika Anda sudah dibekali dengan ilmu-ilmu dasar yang dibutuhkan dalam mengoperasikan drone. Teknik Aerial nantinya bisa diterapkan untuk pengambilan video hingga foto menggunakan drone.

Beberapa tempat pelatihan drone tidak hanya menyediakan ilmu tentang teknik pengambilan ini, tetapi juga teknik mengedit yang bagus dan cocok untuk menunjang hasil karya Anda. Tentu ini akan meningkatkan kualitas video dan foto yang Anda dapatkan. Sangat cocok untuk Anda yang tertarik menjadikan kemampuan ini sebagai sebuah pekerjaan profesional.

  1. Pelatihan Pemetaan

Pelatihan pemetaan atau mapping merupakan salah satu pelatihan yang paling umum dan mudah ditemukan di Indonesia. Drone yang bisa mengambil gambar dan video dari angle yang sangat tinggi sekali pun membuat alat ini sangat cocok digunakan untuk tujuan pemetaan suatu tempat. Tidak hanya dapat terbang tinggi, drone memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dan video dengan cakupan yang lebih luas sehingga bisa terlihat semua area yang dibutuhkan.

Kebanyakan pelatihan drone pemetaan diawali dengan beberapa ilmu dasar mengenai drone, sehingga tidak akan terlalu berpengaruh untuk Anda yang mungkin baru awal memasuki dunia pemetaan ini. Anda juga bisa mendapatkan modul, studi kasus, hingga praktik secara langsung tergantung tempat pengambilan pelatihan tersebut.

Itulah macam-macam pelatihan drone di Indonesia yang bisa Anda coba jika tertarik untuk meningkatkan skill pengambilan foto dan video atau baru berniat untuk memasuki dunianya. Anda juga bisa mempertimbangkan bagaimana bentuk pelaksanaannya, seperti, online, offline, atau gabungan dari keduanya (hybrid) tergantung pada kebutuhan Anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *