Fungsi Drone Profesional dan Drone Industrial, apa bedanya?

fungsi drone profesional

Kehadiran drone sekarang menambah banyak keuntungan dalam pekerjaan. Hingga fitur yang dimiliki drone diperuntukkan berdasarkan fungsinya. Salah satu contohnya, fungsi drone profesional dan drone industrial

Meski kedua drone tersebut bisa dibilang sama, karena peruntukannya dalam pekerjaan. Tapi sebenarnya, keduanya merupakan jenis drone yang berbeda. Ada banyak fitur yang tidak bisa dimiliki oleh kedua drone tersebut. 

Drone Secara Umum

Hingga sekarang, jenis drone dibagi menjadi dua yaitu multirotor dan fixed wing. Kedua jenis drone tersebut memiliki fungsi dari hiburan sampai ke dunia militer. Misalnya, penggunaan drone untuk mainan anak, hobby, professional, industrial, dan militer. 

Banyak fungsi yang bisa dihadirkan oleh drone. Fitur jangkauan terbang yang luas untuk menangkap gambar merupakan fitur banyak disukai. Maka dari itu banyak pengguna yang memanfaatkan drone untuk banyak keperluan. 

Fungsi Drone Profesional

Fungsi pertama yaitu drone profesional yang banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan yang umum. Biasanya drone ini biasa digunakan untuk videografi untuk pengerjaan proyek dari level entry sampai middle entry.

Dengan mayoritas pengguna saat ini, banyak penggunaan drone untuk dokumentasi acara sampai pemantauan lahan pertanian. Fungsi utama kamera yang lebih jernih bisa menangkap detail objek untuk mendapatkan kondisi yang diinginkan. 

Selain fitur kamera, daya jangkau dengan teknologi terkini membuat jarak terbang bisa sejauh puluhan kilometer. Belum lagi teknologi kendali drone yang memudahkan pilot mengambil berbagai keperluan. 

Bentuk yang compact  menjadi fitur lainnya yang membuat pilot praktis membawa kemana saja. Dengan seukuran tas kecil saja, penggunaan drone ini simple untuk di terbangkan ketika berlibur ke banyak tempat sekaligus. 

Unit drone profesional sangat bervariatif dan terjangkau dengan fitur yang ditawarkan. Sekarang ini, banyak merek yang bermunculan yang lebih terjangkau untuk dimiliki. 

Fungsi Drone Industrial

Fitur yang dimiliki drone industrial diperuntukkan kebutuhan industri yang lebih spesifik lagi. Sehingga fitur ini banyak memiliki kelebihan yang dibutuhkan di sektor migas, pertanian, keamanan, bangunan, dan lainnya. 

Pengguna drone industrial terbilang masih sedikit dan bukan dimiliki oleh individu, tetapi dimiliki perusahaan dan instansi. Fungsi utamanya bukan cuma kualitas kamera dan daya terbang, tetapi fitur kekuatan, teknologi, dan kekuatan material. 

Semisal di sektor migas, drone ini bisa mendapatkan visual yang kemudian digunakan untuk data citra berupa thermal (citra panas suhu) dan mapping 3D. Belum lagi fitur compatible lainnya untuk keperluan lain. 

Kekuatan drone industrial juga dibuat untuk daya jangkau yang lebih luas lagi dan kuat terhadap cuaca. Sehingga bisa terhindar dari resiko gangguan drone ketika diterbangkan di kondisi yang berdebu, hujan, atau bersuhu panas. 

Banyak industri yang membutuhkan drone industrial untuk proses pemantauan kondisi aset bangungan maupun kondisi lapangan. Karena, dengan menggunakan drone bisa menghemat waktu dan tenaga petugas untuk mendapat data yang luas, realtime, dan terolah otomatis.

Mendapatkan unit drone industrial tidak semudah drone lainnya. Selain harga yang lebih mahal, diperlukan waktu dan pelatihan lebih lanjut untuk menggunakannya. 

Kesimpulan

Secara sekilas, perbedaan fungsi drone diatas memang terlihat sama. Tetapi jika diketahui lebih lanjut lagi banyak perbedaan dari segi peruntukannya, kualitas material, teknologi, dan harga. Meski demikian, penggunaan drone untuk kebutuhan pekerjaan banyak memberi manfaat untuk keperluan sektor industri. 

Jika sekarang kamu ingin naik level menjadi pilot untuk kebutuhan industrial, diperlukan pelatihan lebih lanjut yang bisa kamu ikuti. Salah satunya di Terra Drone Academy, kamu mendapat sertifikasi oleh instruktur dan jenis drone yang bervariatif.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *