Belajar menerbangkan drone untuk pemula!

menerbangkan drone

Bisa menerbangkan drone menjadi salah satu keahlian yang banyak diincar banyak orang. Kalau kamu bisa, dijamin bakal banyak yang mengajakmu menjadi bagian projek mereka. Entah itu projek untuk kebutuhan kreatif seperti pembuatan iklan atau film. Bisa juga kamu diajak keperluan industri lainnya. Dari drone kamu bisa kemana aja!

Meski menerbangkan drone terlihat mudah, tapi tetap jangan dianggap sepele. Para pilot drone harus melewati susah-gampangnya belajar pesawat ini. Kamu juga bakal melewati fase ini sampai bisa dibilang jago. Lebih bagus jika ada yang bisa melatih kamu biar mengurangi resiko rusaknya drone. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba di bawah ini!

Tips Melatih Menerbangkan Drone untuk pemula

  1. Mengenal Drone Sendiri

Sebelum menerbangkan drone pastinya yang kamu harus lakukan ialah mengenal dronemu. Tentunya ini berguna mencegah dari penggunaan yang sembarangan dan bisa merusak. Kamu bisa mencari tau dari manual book minimalnya fitur yang tersedia, jangkauan terbang, dan cara perawatan. 

Kamu juga bisa melihat review youtube untuk mengenal drone yang kamu miliki. Cara ini lebih mudah dipahami tentunya dengan penjelasan yang ringan. Sehingga kamu sudah paham Do & Don’ts karakter drone mu. 

       2. Gunakan simulator Drone

Kalau sudah kenal dengan dronenya, jangan langsung terbangin guys! Kamu perlu lakukan tahap ini yaitu menggunakan simulator drone. Menerbangkan drone dengan simulator bisa memberi banyak waktu untuk melatih keseimbangan drone sampai bisa. Apalagi tidak ada resiko yang berarti ketika menggunakan simulator. 

Kamu bisa gunakan simulator dari yang disediakan untuk smartphone sampai PC/laptop. Aplikasinya pun tersedia gratis sampai yang berbayar. Menggunakan simulator bisa memperbanyak jam terbang menerbangkan drone seperti aslinya, tinggal sesuaikan kondisi cuaca dan angin saja di simulator. 

    3. Mulai Menerbangkan Drone

Sekarang kamu lebih percaya diri kan untuk menerbangkan drone sebenarnya. Apalagi kamu sudah melakukan tips sebelumnya sehingga lebih yakin lagi. Pastikan kamu didampingi teman yang bisa membantu kamu memantau perginya drone. Sebagai pilot drone, jangan terlalu fokus pada layar monitor, perhatikan kondisi sekitar seperti angin. 

Konsentrasi menguasai drone untuk pertama kali memang agak sulit. Karena kamu harus memantau kondisi visual, sinyal, baterai, belum lagi cara mendaratkan. Tenang aja, semakin sering dilatih kamu bakal lebih luwes kok!

    4. Mengikuti pelatihan dan sertifikasi

Meski sudah luwes menerbangkan drone, tidak salah untuk mengikuti pelatihan resmi. Kamu bisa mendapatkan ilmu baru menguasai drone dengan berbagai teknik terbang dan penggunaan. Sekaligus kamu punya kenalan baru dan bisa menerbangkan drone jenis lain. 

Apalagi kalau tersertifikasi, kesempatan berkarir menggunakan drone menjadi lebih besar. Industri akan lebih percaya dengan adanya sertifikasi yang kamu miliki. 

Nah, beberapa tips menerbangkan drone sudah bisa kamu ikuti satu persatu. Tips tersebut bisa mengurangi resiko rusaknya drone sekaligus memperluas keahlian. Tidak salah untuk sedikit budget lagi untuk mengikuti pelatihan bukan dengan keuntungan yang dijelaskan tadi. 

 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *